[foogallery id=”738″]

KAMPUS (RAGORO) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Gorontalo (UG), Sabtu kemarin (17/9) melaksanakan kegiatan Studi Ekskursi mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berlokasi di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo (Kabgor).

Disamping melakukan studi banding peralatan laboratorium, para mahasiswa juga diberi pengantar pengetahuan mengenai konversi energi pada teknologi photovoltaic. Para mahasiswa didampingi oleh ketua Program Studi Teknik Mesin, Moh. Rifal, S.T.,M.T serta staf Dosen Teknik Mesin Universitas Gorontalo.

Moh. Rifal mengungkapkan, bahwa pihaknya harus merubah pola kegiatan study ekskursi dari yang sebelumnya konvensional dengan mengunjungi dunia industri, ke hal yang bersifat khusus, yakni pihak perusahaan bersedia memberikan gambaran perusahaannya secara lengkap. “Jadi tak hanya mempelajari langsung komponen-komponen yang digunakan pada PLTS Isimu untuk meyakinkan para mahasiswa baru mengikuti kegiatan tersebut, namun juga pihak perusahaan agar bersedia memberikan gambaran perusahaannya secara lengkap,” ungkap Rifal.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan, Rifaldo Pido, S.T., M.T., mengungkapkan, bahwa studi ekskursi merupakan agenda tahunan program studi yang ada di Universitas Gorontalo. Study ekskursi dilaksanakan untuk mengenalkan mahasiswa pada perusahaan yang bergerak di bidang yang sesuai dengan bidang studinya.

Hal ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pembelajaran dengan menggali informasi dari dunia yang telah menggunakan ilmu-ilmu dasar permesinan (konversi energy). “Ini dilakukan agar mahasiswa dapat membawa hasil positif dan nyata serta menambah wawasan. Sehingga melengkapi mutu pembelajaran baik ekstra maupun intra,” pungkasnya. (rg-63)

One thought on “Studi Ekskursi Mahasiswa Prodi Teknik Mesin ke PLTS Isimu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *