KAMPUS (RG) – Tim Basket Putri Kabupaten Gorontalo (Kabgor) berhasil meraih medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Gorontalo. Dan kesuksesan tim basket putri ini tidak lepas dari peran 2 mahasiswa asal Universitas Gorontalo (UG), yakni Sriutami dari Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen semester 5 dan Nirwanda Sahami dari Fakultas Hukum semester 3.

Saat dikonfirmasi awak media, Wakil Rektor III UG, Bidang Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama, Dr. Dikson Junus, M.PA turut membenarkan, bahwa kedua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa asal UG. “Iya, mereka tergabung dalam tim basket kabupaten Gorontalo dan meraih medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi Gorontalo. Keduanya merupakan mahasiswa kami dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum,” ungkap Dikson.

Dikson merasa sangat bangga setelah mendengar mahasiswanya kembali meraih prestasi. Dirinya terkesan dan memberikan apresiasi terhadap sejumlah prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa UG dalam bidang olahraga. “Atas prestasi-prestasi tersebut tentunya kami akan memberikan apresiasi, penghargaan, kepada dua mahasiswa ini. Nanti apresiasi atau penghargaan tersebut kita akan konsultasikan dengan pihak yayasan. Dan biasanya, setiap mahasiswa berprestasi ada penghargaan atau semacam beasiswa yang diberikan oleh pihak yayasan,” terang Dikson.

Kedepannya, kata Dikson, mahasiswa-mahasiswa yang punya prestasi baik akademik maupun non akademik, akan diusulkan untuk mendapatkan beasiswa dari pihak yayasan. Pihak UG juga telah memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan untuk peningkatan bakat bagi para mahasiswa. “Tidak hanya kegiatan akademik, tapi juga non akademik. UG memfasilitasi itu, seperti basket, futsal, bulutangkis dan juga cabang olahraga lainnya yang sedang dalam masa pembangunan. Tentunya sebagai wakil rektor bidang kemahasiswaan, saya akan terus mendorong dan memfasilitasi fasilitas olahraga yang menjadi tempat mahasiswa UG untuk berlatih menciptakan prestasi,” jelasnya.

Seperti diketahui, setelah beberapa kali mengalami penundaan, Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) akhirnya digelar. Pembukaan PORPROV dilakukan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris R.A Yusuf dihadiri pengurus KONI Pusat, Anggota DPR RI, DPRD Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota, Forkopimda, KONI Kabupaten Kota, Pengurus Cabang Olahraga, Atlet dan Official, Sabtu kemarin (17/12).

Eksistensi PORPROV ini merupakan batu ujian. Sebab, untuk mengembangkan olahraga, harus ada sinergi antara Pemda, DPRD, KONI dan pimpinan Cabang Olahraga. Dengan PORPROV ini, diharapkan olahraga Gorontalo akan meningkat pesat secara bertahap, tapi pasti. Minimal 2 cabang olahraga unggulan sesuai dengan potensi daerah.

PORPROV ini juga sangat penting untuk menjaring atlet berprestasi yang nantinya akan dipersiapkan mewakili Provinsi Gorontalo pada Pra PON 2023. PON 2016 di Bandung, Gorontalo mendapat 2 medali emas dan satu perunggu, tapi dari satu cabang olahraga (Cabor) saja yaitu sepak takraw. Di PON 2021 di Papua, Gorontalo mendapat 5 medali yaitu, 2 emas direbut dari takraw, 1 perak dari taekwondo dan 2 perunggu diraih dari Atletik Muaythai. Artinya, Gorontalo lebih meningkat. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan PORPROV ini kedepan Gorontalo bisa lebih meningkat lagi.

PORPROV tahun 2022 ini mempertandingkan 18 cabang olahraga, diikuti 1.170 atlet, 415 official dan 192 wasit dan juri dengan jumlah nomor yang dipertandingkan sebanyak 139 nomor. Sementara 18 cabang olahraga yang dipertandingkan ialah Atletik, Basket, Bola Volly, Catur, Futsal, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bulutangkis, Bilyard, Esport, Panjat Tebing, Karate, Pencak Silat Taekwondo, Kempo, King Boxing, Gate Ball dan Cabang Olahraga Renang. Pekan Olahraga Provinsi Gorontalo digelar dari tanggal 17-23 Desember 2022 di tiga daerah, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango. (rg-63)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *