Yayasan Pendidikan Duluwo Limo lo Pohala’a (YP-DLP) Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Pemkab Bolmut) teken Memorandum of Understanding (MoU) pendirian Politeknik Binadou.

MoU antara YP-DLP Gorontalo dan Pemkab Bolmut ini ditandatangani pada momentum upacara HUT ke- 17 Kabupaten Mongondow Utara di Alun-Alun Lapangan Bokihontinimbang, Kamis (23/05) pagi.

Menurut, Dr. Moh. Rolli Paramata, SE.,MM selaku Ketua Dewan Pengurus YP-DLP Gorontalo, penandatangan MoU yang dilaksanakan pada momentun bersejarah bagi rakyat Bolaang Mongondow Utara ini, sebelumnya sudah ada pertemuan yang dilakukan oleh Yayasan dan Pj. Bupati Bolmut Dr. Sirajudin Lasena, SE.,M.Ac.Dev beberapa minggu yang lalu.

“Pertemuan itu membahas isi atau draf MoU antara kedua belah pihak yang tentu mempunyai nilai simbiosis-mutualis dalam pengembangan pembagunan fasilitas pendidikan dan sumber daya manusia,” ungkap Dr. Rolli.

Dikatakannya, penandatangan MoU yang diagendakan pada momen bersejarah ini, menjadi semangat bersama antar kedua belah pihak untuk menjadikan Bolmut daerah yang maju.

Pada kesempatan ini juga Ketua Dewan Pembina YP-DLP Gorontalo Prof. Dr. H. Rustam Hs. Akili, SE.,SH.,MH, Ketua Dewan Pengawas YP-DLP Gorontalo Dr. Robby Hunawa, S.IP.,M.Si, Rektor UG Dr. Sofyan Abdullah, SP.,M.P dan jajaran Pimpinan Unit Kerja di lingkungan UG hadir untuk memeriahkan momentum penandatanganan ini MoU.

Setelah prosesi upacara Dirgahayu Bolmut ke- 17 usai, keluarga besar YP-DLP Gorontalo dan Civitas Akdemika UG diundang di Aula Kantor Bupati untuk bertemu dengan jajaran OPD dalam hal pemaparan eksitensi Yayasan serta progres kemajuan Universitas Gorontalo.

Prof Rustam Akili Paparkan Sejarah YP-DLP Gorontalo

Pada kesempatan ini Prof. Dr. H. Rustam Hs. Akili, SE.,SH.,MH sebagai bapak pembagunan Universitas Gorontalo dan Tokoh Peduli Pendidikan di Gorontalo mempresentasikan hal tersebut dihadapan OPD, dengan kapasitas selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan.

Adapun poin utama yang disampaikan Prof. Rustam Akili yakni tentang sejarah Yayasan dari tahun 1981 sampai dengan sekarang, membangun sumber daya manusia, serta membangun lembaga Universitas Gorontalo itu sendiri.

Saat diwawancarai, Prof. Dr. H. Rustam Hs. Akili, SE,SH.,MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang sudah memberikan kesempatan untuk hadir pada Upacara Dirgahayu Bolmut ke- 17 dan menyaksikan langsung para tokoh Presidium Binadou serta menyimak naskah perjuangan rakyat Bolaang Mongondow Utara yang dibacakan pada upacara tersebut.

Penamaan Politeknik Binadou Mengandung Nilai Budaya Bolmut

Oleh karena itu, setelah memahami perjuangan rakyat Bolaang Mongondow Utara, Prof. Rustam Akili sepakat dengan penamaan Pendirian Politeknik dengan nama Politeknik Binadou.

Kata Binadou itu sendiri adalah pemufakatan nama yang diambil dari Bintauna – Bolangitang – Kaidipang yang mempunyai nilai kultur daerah Bolmut.

“Oleh sebab itu saya yakin pertemuan Yayasan dan Pemerintah Bolmut adalah pertemuan Visi Daerah. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Alumni STIE dan Universitas Gorontalo yang begitu banyak mengabdi sebagai di Pemerintahan (ASN) atas antusias dan membersamai keluarga besar UG,” ujar Prof Dr. Rustam Akili.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.unigo.ac.id