RGOL.ID, KAMPUS – Setelah menjalin kerja sama dengan organisasi profesi, dalam hal ini IAI Gorontalo, Fakultas Teknik Universitas Gorontalo (Fatek UG) dalam peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknis Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang.

Penandatangan MoU dilakukan secara daring, Senin (6/2) kemarin.

Pada dasarnya, kerja sama dengan UNTAG tidak jauh beda dengan IAI Gorontalo.

Hanya memang dijelaskan Dekan Fatek UG, Dr. Ir. Moh. Ramdhan Olii, ST, M.Eng, kerja sama dengan UNTAG Semarang lebih fokus pada pendidikan, pelatihan, seminar dan pengabdian masyarakat.

“Kita ingin saling menunjang kegiatan akademik mahasiswa melalui kegiatan pembelajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan,” terang Ramdan.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang disepakati dalam perjanjian kerjasama adalah dalam hal pelaksanaan pendidikan, penelitian, workshop, seminar, kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama sebagai wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

“Dan semua program studi di Fakultas Teknik Universitas Gorontalo dan Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang bekerja sama,” imbuhnya.

Untuk mekanisme pelaksanaan kerja sama dijelaskan Ramdhan, pihaknya wajib menyampaikan surat permohonan untuk setiap rencana pelaksanaan program kegiatan yang dilaksanakan bersama.

“Kita juga berhak mengirimkan perwakilan mahasiswa dan dosennya untuk mendapat pengalaman belajar dan mengajar dari kegiatan yang dilaksanakan bersama,” ujarnya.

“Termasuk menyediakan fasilitas pendukung untuk pelaksanaan kegiatan sesuai jumlah peserta yang telah disepakati,” sambung Ramdhan.

Lebih lanjut kata Ramdhan, nantinya mekanisme pelaksanaan kerja sama ini secara lengkap akan dituangkan dalam Kerangka Acuan Kerja (Implementation Arrangement) atau Kesepakatan Rapat yang dibuat bersama yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian Kerja sama yang disepakati. (ind-56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.unigo.ac.id